Kamis, 05 Januari 2023

Program Food Estate Akan Bawa Indonesia Jadi Raja Pangan Dunia

 


Food Estate adalah program jangka panjang yang harus dijaga agar ketahanan pangan Indonesia mampu diatasi.

Program Food Estate memiliki peran sentral untuk menjaga stabilitas politik di Indonesia. Apabila pangan tidak terjangkau ataupun Indonesia terjebak pada produk impor, maka secara otomatis situasi politik akan memanas.

Memanasnya situasi politik ini tidak terlepas dari wilayah teritori Indonesia yang masih luas dan indah.Lokasi yang paling berpotensi untuk menyukseskan program Food Estate ini adalah Kalimantan.

Kalimantan Barat saja memiliki lahan seluas 120.000 hektare. Kalimantan Tengah memiliki lahan yang lebih luas yaitu 180.000 hektare. Maluku dengan luas lahan 190.000 hektare. Pulau dengan luas lahan terbesar adalah Papua dengan luas 1.200.000 hektare.

Ini adalah angka yang fantastis, sangat tidak masuk akal apabila Indonesia harus import bahan pangan utama. Siapa pun yang melihat potensi Indonesia di bidang pertanian akan berpikir bahwa Indonesia akan menjadi produsen pangan dunia.

Sama halnya seperti penghasil minyak sawit dunia. Jadi, program Food Estate Indonesia ini harus berjalan dan sukses. Supaya anggapan ketidaklogisan itu mampu ditangkal oleh hasil karya pemerintah Indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar