Senin, 02 Januari 2023

Jokowi Dapat Gelar Bapak Pembangunan, Selama 2022 Berhasil Resmikan 5 Infrastruktur Megah

 


Kerja Jokowi Widodo selama Desember 2022 cukup mencuri perhatian. Tak tanggung-tanggung, ia meresmikan lima bendungan yang tersebar di Indonesia. Hal tersebut mendapat pujian dari berbagai kalangan. Salah satu pujian datang dari Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono. Ia mengapresiasi kinerja Pemimpin Indonesia yang masih getol bekerja di akhir tahun 2022.

Dua dari lima bendungan di antaranya terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bendungan ini ditunggu-tunggu karena dipercaya sebagai solusi dari banjir Jakarta. Sedangkan tiga bendungan lainnya yang berada di sejumlah daerah bertujuan untuk meningkatkan produktivitas petani di sekitar bendungan.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat ini menyebut masalah air dan irigasi bagi pertanian ibarat darah dan jaringan pembuluh darah hingga jantungnya. Ono berharap, gubernur dan bupati/wali kota juga mengalokasikan anggaran pembangunan/rehabilitasi jaringan irigasi sesuai kewenangannya, yakni jaringan irigasi sekunder dan tersier.

Ia mengingatkan agar pemerintah daerah tak melulu membuat prioritas pembangunan infrastruktur dalam bentuk jalan, karena pangan adalah masalah utama bagi rakyat.

"Pangan adalah kekuatan dasar sebuah bangsa. Apalagi dengan ancaman krisis pangan dunia, maka Indonesia sebagai negara dengan lahan pertanian yang luas wajib menjadikan pertanian dan pangan sebagai prioritas untuk mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia”.

Pada 20 Desember 2022, Jokowi meresmikan Bendungan Semantok di Dusun Sambikerep, Rejoso, Nganjuk.

Bendungan ini disebut-sebut sebagai bendungan terpanjang di Asia Tenggara dan mampu mengaliri ribuan hektare sawah dan meminimalisir banjir, sehingga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani.

Kemudian pada  23 Desember 2022, Jokowi meresmikan Bendungan Ciawi dan Sukamahi yang dapat mencegah banjir Jakarta. Lalu, pada  27 Desember 2022, Jokowi meresmikan Bendungan Sadawarna Sumedang, di Kecamatan Surian, Kabupaten Sumedang.

Bendungan Sawarna ditargetkan mampu meningkatkan produksi padi bagi petani.

Terakhir, di 29 Desember 2022, Jokowi meresmikan Bendungan Beringin Sila Sumbawa yang memiliki luas genangan 126 hektare dan bisa mengairi sawah 3.500 hektare. Jokowi menyatakan produktivitas pertanian di NTB akan meningkat drastis dengan hadirnya Bendungan Beringin Sila.


0 komentar:

Posting Komentar