Selasa, 17 Januari 2023

Heboh Proyek IKN Di Kalimantan Bikin Warga Kaya Mendadak

 


Proyek Ibu Kota Negara (IKN) yakni Nusantara membuat harga tanah di Kabupaten Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur meroket. Masyarakat Kabupaten Penajem Paser Utara diuntungkan dan membuat mereka menjadi kaya raya, tak hanya dari menjual tanah tapi menyewakannya dengan harga tinggi.

Misalnya tanah di pinggir Jalan Utama IKN Sukomulyo/Semoi 3 dan Desa Bukit Raya yang diklaim menjadi Ring 1 IKN Nusantara dijual dengan harga Rp 370 ribuan hingga Rp 670 ribuan per meter perseginya, jauh sebelum ada proyek IKN yang masih dijual Rp 100 ribuan/meter atau di bawahnya.

Bahkan ada yang berani menjual dengan harga Rp 1,6 juta per meter perseginya. Adalah Rully Nurul Azmi yang berani menjual tanah yang dimilikinya di Desa Sukaraja Kabupaten Salah satu masyarakat Penajem Paser Utara dengan harga Rp 1,6 juta per meter persegi. Dia memiliki tanah seluas 375 meter persegi sehingga kalau dijual seluruhnya seharga Rp 600 juta.

Rully menjelaskan wajar harga tanahnya mahal karena lokasinya yang strategis. Rully mengklaim tanahnya dekat dengan titik 0 IKN, hanya perlu waktu 10 menit.

Rully menceritakan, sebelum ada proyek IKN, harga tanah di Kabupaten Penajem Paser Utara murah meriah. Mayoritas tanah di sini digunakan untuk berkebun warga, sebagian lagi tanah tak terurus.

Proyek IKN memang membuat Kabupaten Penajem Paser Utara ramai dari hiruk pikuk manusia, padahal tadinya sepi. Ekonomi juga menjadi hidup.

Rully bercerita banyak masyarakat di Desa Bumi Harapan yang kaya raya. Desa Bumi Harapan ini lokasinya dekat dengan titik 0 IKN. Katanya masyarakat di sana untung besar. Tanah dan rumah disewa dengan harga tinggi oleh kontraktor.

Harga tanah di Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini terpantau sudah tembus di kisaran jutaan rupiah per m2. Nilai tanah di wilayah IKN memang melesat naik setelah pemerintah mengumumkan perpindahan ibu kota. Kenaikan harganya pun terpantau semakin mahal belakangan ini di berbagai situs jual beli properti.


0 komentar:

Posting Komentar